Waktu Puasa di Dunia

Alhamdulillah akhirnya bulan yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga, yaitu bulan suci Ramadan! Di Indonesia cara memeriahkan bulan Ramadhan banyak caranya, ada yang dengan mengadakan buka puasa bersama dengan jadwal yang padat seperti kereta, ada  yang mengadakan pawai keliling tabligh akbar untuk menyambut ramadan dengan festival, ada juga yang keliling kampung pagi buta untuk membangunkan sahur, dan masih banyak lagi!

Namun apakah teman-teman pernah merasa waktu puasa di Indonesia terlalu lama? Kalau ada yang merasa lemas karena waktu puasa di Indonesia lama, ternyata ada negara yang waktu puasanya lebih lama dari di Indonesia, kita harusnya bersyukur tinggal di Indonesia dengan waktu puasa yang hanya berkisar 13-14 jam saja. Dilansir dari Aljazeera.com, Berikut beberapa negara yang waktu puasanya lebih lama dan lebih cepat dari Indonesia, Cekidot!

Berikut 3 negara yang punya durasi puasa dalam sehari yang paling lama:

1. Moscow, Russia: 19 jam

Rata – rata waktu berpuasa beberapa negara di eropa memang cukup panjang, seperti  di negara beruang merah yang dipimpin oleh Vladimir Putin ini,  negara yang memiliki waktu puasa sekitar 19 jam, jadi kalo mau mencari tantangan di bulan ramadan yang seru bisa pergi traveling di negara eropa nih!

2. Stockholm, Sweden: 19 jam 30 menit

Salah satu negara yang paling indah ini juga memiliki waktu puasa sekitar 19,5 jam, kalau mau ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa yang enak, bisa traveling ke negara ini nih, pasti pemandangan yang indah bisa membuat kita lupa lapar dan haus saat puasa!

3. Nuuk, Greenland: 21 jam

kalau teman teman imerasa waktu puasa di eropa masih kurang lama dan kurang greget, bisa traveling nih ke Greenland, pulau terbesar di dunia dengan waktu puasa paling lama di dunia, di tempat ini puasa 21 jam nonstop! Jarak antara buka puasa dan sahur juga cuma 3 jam loh, greget banget tuh!

Selain ada negara yang lebih lama waktu puasanya dari Indonesia, ada beberapa negara yang memiliki waktu berpuasa yang lebih cepat dari Indonesia juga loh, cekidot yuk!

1. Argentina :  9 jam 38 menit

Negara yang terkenal dengan tokoh sepak bola Lionel Messi ini meski bukan negara yang mayoritas muslim namun tetap menjujung tinggi toleransi loh, dan yang menariknya puasa disini hanya sekitar 9 jam lebih 38 menit,

2. Antartika : 9 jam 18 menit

Antartika dikenal dengan daerah yang banyak dikelilingi es, durasi puasa disana hanya sekitar hanya 9 jam 18 menit, tapi kalau mau puasa di Antartika kita harus menyiapkan pakaian yang tebal, karena tantangannya adalah cuaca yang dingin hingga bisa menyebabkan bibir kering.

3. Chile :  9 jam 12 menit

Kalau teman teman mencari negara dengan waktu puasa yang paling cepat, Chile adalah jawabannya! Di Chile yang termasuk negara Amerika Latin ini lamanya waktu puasa adalah 9 jam lebih 12 menit,  jadi kalau ada temann-teman yang mau puasa dengan waktu yang cepat, bisa traveling ke negara ini nih, eits tapi tantangan dalam berpuasanya adalah cuaca di Chile yang sangat panas loh.

Nah itulah beberapa negara dengan waktu puasa yang lebih lama dan lebih cepat dari Indonesia, jadi kita harus bersyukur tinggal di Indonesia, apalagi dengan populasi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim, pasti ramadan sangat dirayakan meriah disini. Untuk teman teman yang di luar negeri juga harus tetap semangat berpuasa, karena banyak peristiwa besar yang terjadi di bulan Ramadan, seperti kemerdekaan Indonesia jatuh pada tanggal 9 Ramadan, semoga badah puasa kita diterima Allah SWT dan kita bisa menjadi orang yang bertaqwa, Aammiin.

Give a Reply